Senin, 09 September 2013

Mempersiapkan Materi Dasar Lomba Burung Berkicau

Kontes burung berkicau mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pencinta burung. Burung peraih gelar juara memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Untuk dapat menghantarkan burung naik ke podium juara dalam sebuah ajang lomba bergengsi, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan.

Materi dasar, yakni individu dari burung itu sendiri. Umumnya untuk hal-hal yang menyangkut materi dasar, kita melihat dari dasar katuranggan burung tersebut. Walaupun hal ini tidak sepenuhnya 100% benar. Materi dasar meliputi, karakter irama lagu, kemampuan membawakan lagu, kerapatan speed irama lagu, peak volume suara, tebal tipisnya suara, mental dan karakter bawaan. Ada beberapa acuan untuk pemilihan burung bakalan yang akan dipersiapkan untuk berlomba. Pilihlah materi dasar sebagai berikut:                                 
1.Burung dalam kondisi sehat. Bulu mengkilap, kedua sayap menutup rapat, mata tidak sayu dan gerakan  burung lincah.
2.Postur tubuh seimbang.  Proporsional dari paruh sampai ekor.
3.Rajin bunyi, pilihlah materi dasar yang rajin bunyi atau minimal rajin ngeriwik.
4.Memiliki variasi irama lagu dan kerapatan speed irama lagu yang baik.  Perhatikan panjangnya paruh, letak posisi lubang hidung pada pangkal paruh, pilihlah paruh yang lebih panjang dan posisi lubang hidung yang mendekati pangkal kepala.
5.Memiliki volume suara tebal dengan peak volume suara diatas rata-rata.Perhatikan komposisi besarnya pangkal paruh, tebal paruh dan panjang pendeknya leher.
6.Memiliki mental tarung yang baik, pilihlah yang mempunyai sifat fighter tinggi. Bisa dikenali dengan ciri-ciri mata besar melotot, ukuran kepala lebih besar, posisi kaki bila berdiri sedikit menggangkang dan jari-jari mencengkram kuat pada tangkringan.
7.Memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Bisa dikenali dengan pengamatan pada tingkah laku burung, lebih lincah dan responsif, bagian pupil matanya bersih dan ukurannya lebih besar.

Sumber : www.smartmastering.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar